The 6 Roles of A Supervisor

Seorang supervisor memainkan peran yang sangat penting dalam proses kerja. Supervisor langsung memimpin dan berhubungan dengan karyawan sampai di level yang terbawah. Jumlah karyawan di level ini biasanya merupakan yang terbanyak dalam sebuah perusahaan. Mereka juga menangani hal-hal operasional yang langsung berhubungan dengan pelanggan maupun proses kerja dalam sebuah organisasi. Karena itu menjaga semangat dan kinerja mereka sungguh penting. Bayangkan saja, apa yang akan terjadi kalau para karyawan di garda depan tidak melakukan tugasnya dengan baik atau tidak melayani pelanggan dengan tulus dan bersemangat? Sudah pasti hal ini menimbulkan gangguan dalam pekerjaan, juga keluhan dari pelanggan.

Kemungkinan terjadinya hal ini dalam organisasi cukup besar karena ini berkaitan dengan karyawan yang motivasi dan semangat kerjanya sering berubah-ubah, begitu juga dengan kompetensi dan kualitas kerja yang bisa menurun. Karena itu peran seorang supervisor menjadi sangat penting. Seorang supervisor haruslah mengetahui setiap karyawan yang dipimpinnya satu persatu serta memastikan bahwa karyawan memiliki kemampuan kerja yang memadai dan terus menerus mengasah dirinya agar menjadi lebih baik lagi. Ia juga harus memastikan bahwa setiap karyawan memiliki motivasi kerja yang tinggi untuk bisa melayani pelanggan dengan semaksimal mungkin. Semua hal ini akan dibahas dalam program “The 6 Roles of A Supervisor”. Ada enam peran yang perlu dijalankan oleh seorang supervisor agar bisa menjadi supervisor yang efektif, serta mampu mengarahkan dan membawa semua anggota timnya untuk mencapai tujuan perusahaan.