10 Secrets of Happy Leaders

Setiap kita dilahirkan untuk menjadi pemimpin, minimal memimpin diri kita sendiri. Dalam skala yang lebih luas, kita bisa menjadi pemimpin keluarga, pemimpin perusahaan, pemimpin organisasi, atau bahkan pemimpin negara.

Seorang pemimpin menghadapi banyak sekali tantangan. Seorang pemimpin haruslah mereka yang telah selesai dengan dirinya sendiri. Jika ada orang yang belum selesai dengan dirinya sendiri, maka dia belum siap untuk menjadi pemimpin.

Seorang pemimpin dituntut untuk menyelesaikan banyak urusan, yang seluruhnya bukan urusan dirinya sendiri. Untuk itu, seorang pemimpin haruslah memiliki banyak “tabungan” dalam menjalankan kepemimpinannya.

Seorang pemimpin harus senantiasa bahagia agar bisa menginspirasi orang lain. Pemimpin yang bahagia akan mampu membawa atmosfer kebahagiaan pada orang-orang dipimpinnya. Kebahagiaan merupakan syarat mutlak untuk pencapaian yang tinggi.

Ada 10 rahasia yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin agar banyak memiliki tabungan kebahagiaan:

  1. Exercise atau olah raga. Tidak ada kebahagiaan tanpa berolah raga. Saat berolah raga, tubuh kita mengeluarkan senyawa kimia, seperti endorfin, serotonin, dan dopamin. yang akan meningkatkan kebahagiaan kita. Selain itu, dengan rutin berolah raga, tubuh kita akan memiliki stamina dan daya tahan yang lebih baik. Itu semua akan mendukung kita mencapai kebahagiaan.
  2. Care atau peduli. Seorang pemimpin yang bahagia harus peduli dengan lingkungan sekitarnya, terutama kepada anggota timnya. Kepedulian ditunjukkan dengan rasa ingin tahu terhadap persoalan yang tengah dihadapi oleh anggota timnya, dan berupaya untuk terlibat mencari solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.
  3. Berbeda dengan bersantai-santai, relaks adalah kondisi di mana body, mind and soul seorang pemimpin menyatu di tempat dan saat yang sama. Ketika tubuh, pikiran dan jiwa seorang pemimpin berada di tempat yang sama, maka ia akan lebih tenang menghadapi permasalahan, dan mampu berkomunikasi dengan siapa pun dengan penuh kesadaran.
  4. Gratitude atau bersyukur. Seorang pemimpin yang bahagia harus pandai bersyukur atas setiap keadaaan, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Semakin banyak seseorang bersyukur, maka semakin besar kebahagiaan yang akan ia rasakan.
  5. Eat atau makan. Tubuh kita membutuhkan asupan gizi agar bisa beraktivitas dengan optimal. Untuk itulah, seorang pemimpin harus memerhatikan asupan makanan yang ia konsumsi. Saat tubuh kita kehilangan keseimbangan dalam asupan gizi, itu akan mengganggu kestabilan emosi kita.
  6. Learn atau belajar. Seorang pemimpin yang bahagia harus terus-menerus belajar dari segala sesuatu. Ia harus menjadikan setiap hari adalah hari yang baru bagi dirinya karena di hari itu ia akan mempelajari hal yang baru. Dengan terus-menerus belajar, sesungguhnya seorang pemimpin tengah mengembangkan dirinya dan meningkatkan nilai jual dirinya.
  7. Share atau berbagi. Belajar saja ternyata belum cukup untuk seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang bahagia harus juga membagikan ilmu, pengetahuan, wawasan, pengalamannya kepada orang lain, khususnya anggota timnya. Hanya dengan berbagi, apa yang dipelajarinya akan memberikan manfaat yang lebih bagi dirinya sendiri dan orang lain.
  8. Help atau menolong. Seorang pemimpin yang bahagia harus melihat setiap opportunity sebagai kesempatan bagi dirinya untuk menolong orang lain, meringankan beban orang lain, dan memberikan solusi bagi orang lain. Menolong orang lain akan memberikan makna bagi diri dan pekerjaan yang diemban oleh seorang pemimpin.
  9. Quiet atau tenang. Seorang pemimpin yang bahagia harus menyediakan waktu yang tenang bagi dirinya agar bisa merenung, mencerna setiap fenomena yang dia hadapi. Hanya dengan merenung, seseorang akan menemukan hal-hal yang patut disyukurinya.
  10. Laugh atau tertawa. Seorang pemimpin yang bahagia harus memiliki selera humor yang tinggi. Bahkan, seorang pemimpin harus bisa menertawakan dirinya sendiri. Wisdom yang tertinggi adalah ketika seseorang bisa menertawakan kebodohan yang dilakukannya, seraya mengambil pelajaran dari sana.

 

Disarikan dari talkshow Smart Happiness “10 Secrets of Happy Leaders” di Radio SmartFM bersama Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional—Leadership & Happiness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *