7 Penyakit Spiritual

“Dalam topik kali ini akan membahas 7 penyakit spiritual. Definisi penyakit disini yaitu segala sesuatu yang menurunkan hidup kita. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita memiliki penyakit itu, dan orang lainlah yang mengetahui tentang diri kita.”

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirer Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “7 Penyakit Spiritual” pada tanggal 2 Agustus 2013 di Smart FM Network.

Penulis buku I Love Monday ini mengungkapkan, “Ketujuh penyakit spiritual itu yaitu, Pertama, Malas. Penyebab malas adalah karena tidak punya mimpi dan tujuan. Kedua, Bosan. Penyebab bosan bukan rutinitas, melainkan adalah tidak adanya makna. Ketiga, Dusta. Dusta merupakan sumber dan akar dari keburukan. Dasarnya orang melakukan dusta adalah karena mengalami ketakutan. Keempat, Sombong. Sombong sering berawal dari  hal-hal yang positif, misalnya merasa hebat, merasa pintar, merasa lebih baik dari orang lain,  dan sebagainya. Kelima, Serakah. Penyakit serakah adalah penyakit orang yang tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Keenam, Kikir. Orang kikir adalah orang yang mentalnya selalu kekurangan. Misalnya, orang yang tidak mau berbagi harta karena takut miskin. Ketujuh, Iri dan Dengki. Iri adalah tidak suka kalau melihat orang lain bahagia. Dengki adalah tindakannya.”

Di akhir talkshow,  Motivator Kebahagiaan dan Managing Director Institute for Leadership and Life Management (ILM) yang akan mengadakan seminar I Love Monday pada tanggal 31 Agustus 2013 ini menambahkan, “Salah satu  manfaat puasa di Bulan Ramadan adalah melatih kita untuk menjauhkan diri dari 7 penyakit spiritual tersebut. Dengan begitu kita bisa terjauh dari ketujuh penyakit spiritual ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *