Because of You!

Because of you adalah ungkapan kepada seseorang yang begitu berarti bagi kita, lebih dari sekadar ucapan terima kasih yang kita tujukan kepada seseorang yang telah melakukan sesuatu untuk kita.

Ucapan terima kasih baru berada di permukaan, sedangkan because of you adalah ketika seseorang menjadi penyebab. Bagaimana menjadi orang yg berdampak pada orang lain, sehingga orang mengatakan “because of you” kepada kita?

Supaya hidup Anda berarti, Anda harus melakukan sesuatu untuk orang lain. Kita harus mendahulukan kepentingan orang lain agar hidup kita bermakna, memiliki arti. Kalau kita tidak mendapatkan makna dalam hidup kita, ujungnya adalah depresi dan bisa berakhir dengan bunuh diri.

Kita hanya bisa melayani diri kita kalau kita melayani orang lain. Orang yang bisa kita sematkan because of you adalah mereka yang eksis. Dengan kata lain, orang yang berdampak adalah orang yang eksis.

Orang yang eksis memberikan sumbangan kepada lingkungannya. Sementara orang yang tidak eksis ibarat orang yang numpang lewat. Eksis adalah berkontribusi, bukan mendominasi sebab mendominasi berfokus pada ego, sedangkan berkontribusi berfokus pada kebaikan bersama.

Setiap orang dikirim Tuhan ke dunia ini untuk menjadi penyebab. Penyebab yang paling utama adalah Tuhan. Tuhan adalah Yang Maha Menyebabkan, Sang Penyebab.

Tuhan kemudian mendelegasikan tugas-Nya di dunia ini kepada kita. Jika Tuhan adalah sang Maha Pencipta, maka kita adalah sang pencipta. Tuhan menurunkan kita ke dunia ini untuk menjadi pencipta.

Jika kita tidak menciptakan sesuatu, kita belum eksis. Kita harus menciptakan sesuatu yang berbeda setiap hari untuk kebaikan bersama. Eksistensi sesungguhnya memancarkan potensi dari Tuhan.

Untuk menjadi because of you, kita harus menjadi manusia penyebab. Jika ada orang yang bertanya tentang pekerjaan, ada 3 level jawaban:

Level 1: What you are. Misalnya. saya adalah motivator.

Level 2: What you do. Misalnya, saya memberikan pencerahan kepada orang lain.

Level 3: What you cause: Misalnya, saya membantu orang lain menemukan makna dalam hidup dan pekerjaan.

Untuk menjadi manusia yang berdampak, kita harus sampai pada jawaban pada level pertanyaan ke-3. []

 

Disarikan dari talkshow Smart Happiness “Because of You” di Radio SmartFM bersama Avan Pradiansyah, Motivator Nasional—Leadership & Happiness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *