Cerdas Spiritual

“Cerdas Spiritual (Spiritual Quotient/SQ) jika dimiliki oleh karyawan atau pebisnis akan memberikan keseimbangan hidup yang luar biasa. Mereka menjalankan bisnis/pekerjaannya tidak hanya mencari keuntungan duniawi saja atau keuntungan diri sendiri, melainkan juga keuntungan nanti di akhirat. Bagi orang yang ber-SQ bagus, pertanyaan segala tindakannya selalu saja tentang Why, karena ia mengaitkan semuanya pada asas Ilahiah.”

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, seorang Inspirator Kebahagiaan Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Cerdas Spiritual” pada tanggal 27 Juli 2012 di Smart FM Network.

Motivator Indonesia dan Happiness Inspirer ini juga menambahkan, “Kecerdasan Spiritual akan menjadikan hidup menjadi bermakna karena sebuah nilai yang kita yakini adalah agung, tinggi, dan mulia. Ciri orang memiliki kecerdasan spiritual itu antara lain, yaitu senang berbuat baik menolong orang, telah menemukan tujuan hidupnya, merasa memikul penderitaan sebuah misi yang mulia, mempunyai sense humor. Kecerdasan Spiritual terwujud karena ada dorongan suara hati (fitrah) yang bersumber dari sifat-sifat Tuhan.”

Di akhir talkshow, Managing Director Institute for Leadership and Life Management (ILM) ini mengungkapkan, ”Pondasi Spiritual Quotient ada di dalam semua manusia yang disebut God Spot, yang mana dalam fisiologi letaknya di suatu daerah di dalam otak. Daerah ini yang bereaksi ketika kita sedang merasa dekat dengan Tuhan. Dalam rutinitas sehari-hari, kita sering lupa menyatukan pikiran dan hati, membuat kita sulit memaknai tindakan kita, dan hati selalu kosong. Biasakanlah selalu berbuat baik sekecil apapun, karena kebaikan akan mendekatkan kita kepada fitrah dari Tuhan. Cerdas Spiritual sesungguhnya mengingatkan kita bahwa we are not alone, we are never alone.

One comment

  1. Ass………..
    Allah Swt tidaklah sia-sia dalam menciptakan hambaNya.
    Semua telah terstruktur dan terprogram dengan baik pada setiap jiwa dan diri manusia.
    Tiap manusia diberi kelebihan dan kekurangan, itulah Fitrah namanya.
    Tergantung kita sebenarnya. Mau jadi apa kita selanjutnya.. ??
    Wass…, H.Said Nizam.L / Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *