De Bono on Happiness

Edward de Bono adalah seorang pakar berpikir. Berpikir itu tidak mudah karena banyak orang yang tidak berpikir dan hanya menjalankan pekerjaannya seperti robot.

Edward de Bono telah menulis banyak buku best-seller dunia. Salah satu bukunya yang relatif ringan berjudul “A New Religion? H+ (Plus)” yang menyinggung soal Happiness. Menurut de Bono dalam bukunya tersebut, ada 5H untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

H yang terpenting adalah Human. Human menurut de Bono mempunya 2 potensi: potensi jahat dan potensi baik. Untuk menumbuhkan potensi baik ini, kita harus melakukan 5H secara berulang-ulang.

H yang pertama adalah Happiness. Menurut de Bono, Happiness adalah buah dari berpikir. Dengan berpikir, kita bisa mengubah persepsi mengenai apa pun yang sedang kita hadapi, dan kita bisa mengontrol emosi kita.

Menurut de Bono, happiness is a matter of attention, dan itu terjadi saat kita berpikir.

Tapi ada kalanya berpikir justru membuat kita cemas karena kita membayangkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk mengubah kecemasan menjadi kebahagiaan, bayangkan hal-hal yang kita inginkan. Dan itu adalah doa.

H yang kedua adalah Humor. Humor inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lain. Humor membuat hubungan antar-manusia menjadi lebih humanis. Humor adalah tertawa bersama, bukan menertawakan orang lain yang dijadikan korban. Humor yang tertinggi adalah menertawakan diri sendiri.

H yang ketiga adalah Help. Kita harus menolong orang lain dan menolong orang lain itu penting. Tujuan Tuhan mengirim kita ke dunia ini cuma satu: menolong orang lain. Dengan menolong orang lain, kita menjadi manusia yang seutuhnya.

Hakikatnya, menolong orang lain sesungguhnya menolong diri kita sendiri. Orang yang tidak suka menolong sesungguhnya telah mengurangi kualitas kemanusiaan kita.

H yang keempat adalah Hope. Hope adalah sesuatu yang membuat kita bisa bertahan dalam hidup. Hope sesungguhnya menunjukkan keimanan kita.

H yang kelima adalah Health. Tidak ada happiness tanpa tubuh yang sehat.

“Take care of your body. It’s the only place you have to live.” – Jim Rohn

 

Disarikan dari talkshow Smart Happiness “De Bono on Happiness” di Radio SmartFM bersama Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional—Leadership & Happiness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *