Dimana Posisi Anda dalam Office Politics?

“Banyak orang yang tidak siap dengan office politics, karena tidak mau berurusan dengan politik. Kalau kita bicara office politcs, itu adalah mengenai kepentingan pribadi, bukan organisasi. Office politics sangat berbahaya karena kepentingan organisasi harus dikorbankan, demi kepentingan pribadi.“

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Motivator Kebahagiaan Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Office Politics (Part 2): Dimana Posisi Anda dalam Office Politics??” pada tanggal 3 Mei 2013 di Smart FM Network.

Pakar Kebahagiaan & Managing Director ILM ini menambahkan, “Ada 4 Tipe pemain politics dalam organisasi, yaitu : Pertama, Fox (rubah), Orang yang cerdas politics tetapi mengejar tujuan personal. Kedua, Owl (burung hantu), Orang yang cerdas politics dan mengejar tujuan organisasi. Ketiga, Domba, orang yang kurang mengerti politics, tapi mengejar tujuan organisasi. Keempat, Keledai, Orang yang mengejar tujuan sendiri dan tidak memahami politics.Office politics yang bermartabat yaitu tipe Burung Hantu, dan yang menjadi korban adalah Domba & Keledai.”

Penulis buku I Love Monday & Happiness Inspirer ini juga mengungkapkan, “Salah satu hal yang mengancam kebahagiaan di tempat kerja adalah office politics. Kita harus mengetahui office politics agar kita bisa bahagia di kantor, karena office politics adalah sesuatu yang natural, dan kita harus siap. Jika tidak siap kita akan menjadi korban. Jika kita sudah siap dengan office politics, maka kita bisa memainkan politics yang bermartabat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *