The Happiness Booster

Arvan Pradiansyah, the Happiness Inspirator, di talkshow SMART HAPPINESS pada tanggal 23 September 2011 membicarakan Happiness Booster. Happiness Booster adalah kegiatan maupun aktivitas yang bisa dilakukan sendiri untuk meningkatkan atau menciptakan kebahagiaan, tujuannya untuk menghasilkan perasaan yang bahagia. Kita membutuhkan Happiness Booster karena happiness itu ada kalanya sulit didapat, padahal manusia itu selalu ingin menemukan happiness.

Menurut Arvan ada dua hal yang bisa membuat orang sulit bahagia, yaitu:

  1. Khawatir (worry), kita ingat pada masa depan, padahal hal itu belum terjadi.
  2. Menyesal (sorry), kita ingat masa lalu, padahal itu sudah berlalu.

Dengan happiness booster, kita bisa mengusahakan happiness setiap saat. Happiness booster bisa dihasilkan dari dalam diri sendiri (inner happiness) maupun dari luar (outer happiness). Dengan begitu setiap kali dirundung kemalangan orang bisa dengan mudah memulihkan perasaan bahagia dan mendapat semangat.

Tentukan sendiri happiness booster Anda!

Di talkshow yang mendapat tanggapan sangat banyak dari pendengar itu membuktikan bahwa happiness booster bisa sangat beragam. Ada yang mencapai lewat gerakan fisik (beraktivitas, olahraga, jalan-jalan menikmati alam), meditasi, menikmati sesuatu (lagu, film, makan yang sehat), kegiatan spiritual (misalnya berdoa sampai menangis), menjalankan hobi, berinteraksi dengan kasih sayang (bersama keluarga, sahabat, kerabat yang berprestasi.)

Arvan menyebutkan bahwa happiness booster berperan penting dalam menumbuhkan rasa bahagia. Mendengar musik yang bikin bahagia membuat otak menghasilkan dopamin, enzim yang menyebabkan kita senang. Bermeditasi secara rutin membuat prefrontal cortext dalam otak jadi tumbuh.

Yang mengejutkan, Arvan juga menyatakan bahwa berbelanja juga bisa membuat orang bahagia, tapi dalam hal ini kita tetap harus waspada. Belanja barang hanya membuat perasaan bahagia sebentar. Menurut dia, ada belanja yang bisa menghasilkan perasaan bahagia lebih lama, yaitu “belanja pengalaman” (experience) yang menghasilkan kenangan indah dan “pro-social spending” seperti beramal (charity) dan mentraktir teman baik.

Orang yang bahagia akan lebih mudah meraih kesuksesan. Hidup kita ini sebentar, jangan sia-siakan berlalu tanpa happiness di dalamnya.

If you wanna be happy, be happy now !!!

One comment

  1. Orang yang bahagia akan lebih mudah meraih kesuksesan. Hidup kita ini sebentar, jangan sia-siakan berlalu tanpa happiness di dalamnya. Ciptakanlah Kebahagiaan sepanjang hari, walaupun hidup anda dalam ekonomi yang sulit, hidup pas-pasan.

    If you wanna be happy, be happy now !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *