Happiness at Work Part 2

“Apa yang paling membuat Anda bahagia di tempat kerja?” demikian tanya Arvan Pradiansyah melanjutkan topik “happiness at work” (kebahagiaan di tempat kerja). Jawaban orang beragam. Ada yang bahagia karena mendapat apresiasi yang pantas, baik dari perusahaan, atasan, fasilitas, maupun sesama rekan kerja. Sebagian lagi orang bahagia di tempat kerja karena memiliki teman dan lingkungan yang kondusif dan membuatnya produktif dan bahagia.

Motivator sekaligus penulis buku best seller The 7 Laws of Happiness ini membahas

kebahagiaan di tempat kerja untuk menegaskan bahwa happiness juga tetap bisa produktif. Selama ini orang cenderung berpikir happiness berkonotasi bersenang-senang, liburan. Itu contoh happiness yang tidak produktif. Nah, bagaimana kita bisa memelihara dan meningkatkan happiness level di tempat kerja agar tetap tinggi.

Bahagia di tempat kerja merupakan concern utama Managing Director ILM (Insitute for Leadership and Life Management) yang pada Sabtu, 28 Januari 2012 dijadwalkan mengisi seminar motivasi “I Love Monday”. Seminar ini bertujuan membuat orang antusias sejak hari pertama kerja. Sebagai konsultan yang telah memberi sesi motivasi kepada ribuan orang di ratusan perusahaan nasional maupun multinasional, Arvan prihatin dengan banyaknya orang yang tidak bahagia di tempat kerja. Dia menyatakan happiness justru bisa meningkatkan produktivitas. Penelitian membuktikan seorang salesman yang bahagia mampu meningkatkan penghasilan 53 % lebih tinggi dibandingkan salesman yang tidak.

Arvan berpendapat level tertinggi kebahagiaan di tempat kerja ialah ketika orang bekerja untuk melayani orang lain (to serve other). Ciri paling sederhana dari orang ini ialah tidak pernah terlambat. Itu menunjukkan bahwa dirinya antusias memulai kerja. Sebaliknya, orang yang bekerja hanya demi uang, kebahagiaan di tempat kerjanya sangat ringkih dan tergantung dari faktor luar. Selain harus bersaing dengan harga, riset menunjukkan bahwa 80 % orang juga tidak puas dengan gajinya sekarang.

Kebahagiaan sejati berada di dalam diri sendiri. Di tempat kerja pun begitu; meski lingkungan mempengaruhi kualitas kebahagiaan, kita tetap bisa memaksimalkan level kebahagiaan di sana. Semoga Anda bahagia di tempat kerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *