Mengapa Sulit Memuji Orang Lain?

Memuji adalah melihat, mengapresiasi, dan mengekspresikan kebaikan yang dilakukan oleh orang lain. Sering kali kita memuji orang yang sudah meninggal dunia. Padahal, kalau Anda melihat kebaikan orang lain, sampaikan pujian Anda ketika dia masih hidup.

Setiap orang sesungguhnya membutuhkan pujian dari orang lain. Tidak ada orang yang tidak senang ketika dipuji orang lain. Pujian akan memberikan dampak yang luar biasa dalam hubungan kita dengan orang lain.

Sayangnya, kita memang lebih mudah melihat yang buruk ketimbang hal yang baik. Hal ini terjadi karena kurangnya cinta dalam diri kita. Bagi orang yang memiliki cinta, melihat kebaikan orang lain itu mudah.

Cinta itu melihat, bukan buta. Cinta itu melihat kebaikan. Sedangkan cinta buta adalah ketidakmampuan melihat keburukan.

Di kantor misalnya, seorang atasan sering menunggu kinerja yang bagus dari anak buahnya, barulah dia memuji anak buahnya tersebut. Hal ini salah, sebab kinerja seseorang itu bagus karena dia mendapatkan pujian. Dengan kata lain, puji dulu anak buah Anda, barulah dia akan menunjukkan kinerja yang bagus.

Cinta itu bertingkat. Yang pertama adalah self love, mencintai diri sendiri. Orang yang tidak mencintai diri sendiri, mustahil bisa mencintai orang lain. Setelah self love, barulah kita mencintai kerabat, saudara kandung, orang tua kita. Selanjutnya adalah mencintai orang lain, sebangsa, setanah air, sesuku, seagama, dan seterusnya.

Lebih tinggi lagi adalah mencintai sesama manusia. Dan yang paling tinggi adalah mencintai sesama makhluk Tuhan. Mengasihi adalah sesuatu yang unconditional, berbeda dengan trust yang conditional. Tuhan mengirim ke dunia ini dengan DNA kasih.

Ada 2 cara memuji: 2S.

S yang pertama adalah sincere, ketulusan, niatnya cinta. S kedua adalah specific, bukan general. Sebutkan kebaikan khusus yang dilakukan oleh orang yang kita puji.

Seseorang tidak bisa memuji orang lain karena: tidak bisa melihat kebaikan, tidak tahu caranya, dan tidak mau. []

 

Disarikan dari talkshow Smart Happiness “Mengapa Sulit Memuji Orang Lain?” di Radio SmartFM bersama Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional—Leadership & Happiness.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *