Mengapa Sulit Memutuskan?

Setiap hari bahkan setiap saat kita selalu membuat keputusan, mulai dari hal-hal kecil sepeerti akan mengenakan pakaian yang mana, makan apa, naik kendaraan apa ke tempat kerja dan sebagainya, hingga hal-hal besar yang menyangkut pekerjaan dan kepentingan orang lain.

Namun, sering kali kita sulit membuat keputusan, sehingga membuat sesuatu mengambang. Penyabab keadaan ini adalah kita tidak tahu apa values kita. Akan sulit sekali jika keputusan harus diambil di lapangan tanpa values yang jelas. Kalau values kita tidak jelas, maka kemauan kita juga tidak jelas. Banyak orang yang tidak sadar dengan values mereka.

Values adalah sesuatu yang penting bagi kita yang sudah kita putuskan jauh-jauh hari. Namun, sering kali ada jarak yang sangat besar antara apa yang dikatan dan apa yang dikerjakan. Values kita terlihat dari apa yang kita kerjakan, bukan dari apa yang kita katakan.

Nilai adalah sesuatu yang kita anggap penting. Dan untuk sesuatu yang kita anggap penting, kita selalu punya waktu.

Dalam hal berpakaian saja, misalnya, perbedaan yang terjadi bukan semata soal selera, melainkan soal values. Orang yang selalu berpakaian kasual tentulah memiliki values yang berbeda dengan orang yang selalu berpakaian formal. Bagi orang yang berpakaian kasual di tempat kerja, penampilan bukanlah hal yang penting. Sebaliknya, orang yang selalu berpakaian formal menganggap bahwa penampilan adalah yang yang penting.

Dengan menyatakan values, kita sudah membagi dunia menjadi dua: penting dan tidak penting. Ketika kita memiliki values maka kita sudah mengambil risiko untuk meninggalkan hal-hal yang tidak penting bagi diri kita.

Selain values pribadi yang terbentuk dari adat istiadat, kebiasan, pandangan hidup tertentu, kita pun harus berpegang pada values universal, yakni nilai-nilai yang diakui oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Values universal seperti kebaikan, kebenaran, kejujuran, keadilan, cinta kasih

Agar kita mudah dalam mengambil keputusan kita harus sadar bahwa kita memiliki values, kemudian kita harus tahu apa values kita, dan yang terakhir barulah kemampuan teknis dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. []

 

Disarikan dari talkshow Smart Happiness “Mengapa  Sulit Memutuskan?” di Radio SmartFM bersama Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional—Leadership & Happiness

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *