Why Do We Need Trust

Kepercayaan sangat dibutuhkan dalam kehidupan, karena tanpa kepercayaan kita tidak bisa hidup. Tanpa kepercayaan hidup akan penuh rasa curiga, penuh kekhawatiran, dan tidak tenang sehingga hidup menjadi tidak bahagia. Tantangan terbesar bagi kita adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada kita karena kepercayaan (Trust) adalah dasar dari setiap hubungan, baik dalam skala yang kecil maupun besar.”

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirer Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Why Do We Need Trust ?” pada tanggal 7 Maret 2014 di Smart FM Network.

Motivator kebahagiaan dan Managing Director ILM ini mengungkapkan “Kepercayaan itu biasanya untuk sesuatu yang tidak kelihatan karena kepercayaan itu adalah sebuah prediksi dan Trust adalah sebuah modal dasar yang harus kita miliki, dan ketika trust itu hilang maka akan hilanglah semua yang kita miliki. Trust itu bukanlah sesuatu yang permanen, karena trust itu suatu ketika bisa naik dan turun, untuk itu kita harus bisa meningkatkan kepercayaan orang lain kepada kita dengan cara melakukan kebaikan secara konsisten bukan hanya sesaat atau hanya ketika kita membutuhkan dirinya saja karena kebaikan yang tidak dilakukan secara konsisten hanyalah sebuah kepentingan. Rumus dari kepercayaan itu sendiri adalah Karakter x Kompetensi. Untuk itu kita harus membangun karakter dan kompetensi yang ada dalam diri kita dengan sebaik mungkin.”

Di akhir talkshow, Penulis buku best seller You Are A Leader  yang juga akan menyelenggarakan Public Workshop “You Are A Leader” pada tanggal 19 Maret 2014 ini menambahkan “Orang yang layak dipercaya ialah orang yang mau berbicara terus terang, berbicara apa adanya dan bukan melebih – lebihkan ataupun merendahkan. Karena berbicara berlebihan dengan orang lain, maka orang tersebut akan merasa tidak nyaman kepada kita dan bisa saja saldo kepercayaan kita yang ada di dirinya menjadi berkurang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *