QnA: 10 Secrets of Happy Leaders

Mengapa kita perlu belajar tentang kepemimpinan (leadership)?

Karena setiap kita dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Minimal memimpin diri kita sendiri. Dalam skala yang lebih besar, kita akan memimpin keluarga, memimpin masyarakat, memimpin organisasi, atau bahkan memimpin negara. Syarat untuk menjadi pemimpin yang baik adalah bahagia.

 

Mengapa menjadi pemimpin harus bahagia?

Seorang pemimpin menghadapi banyak sekali tantangan. Seorang pemimpin haruslah mereka yang telah selesai dengan dirinya sendiri. Jika ada orang yang belum selesai dengan dirinya sendiri, maka dia belum siap untuk menjadi pemimpin. Seorang pemimpin dituntut untuk menyelesaikan banyak urusan, yang seluruhnya bukan urusan dirinya sendiri. Untuk itu, seorang pemimpin haruslah memiliki banyak “tabungan” dalam menjalankan kepemimpinannya. Seorang pemimpin harus senantiasa bahagia agar bisa menginspirasi orang lain. Pemimpin yang bahagia akan mampu membawa atmosfer kebahagiaan pada orang-orang dipimpinnya. Kebahagiaan merupakan syarat mutlak untuk pencapaian yang tinggi

 

Apa yang harus dilakukan agar kita bisa menjadi pemimpin yang bahagia?

Ada 10 rahasia menjadi pemimpin yang bahagia. Pertama, exercise atau olah raga. Tidak ada kebahagiaan tanpa berolah raga. Kedua, care atau peduli. Seorang pemimpin yang bahagia harus peduli dengan lingkungan sekitarnya, terutama kepada anggota timnya. Ketiga, relax. Berbeda dengan bersantai-santai, relaks adalah kondisi di mana body, mind and soul seorang pemimpin menyatu di tempat dan saat yang sama. Keempat, gratitude atau bersyukur. Seorang pemimpin yang bahagia harus pandai bersyukur atas setiap keadaaan, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Kelima, eat atau makan. Tubuh kita membutuhkan asupan gizi agar bisa beraktivitas dengan optimal. Keenam, learn atau belajar. Seorang pemimpin yang bahagia harus terus-menerus belajar dari segala sesuatu. Ketujuh, share atau berbagi. Belajar saja ternyata belum cukup untuk seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang bahagia harus juga membagikan ilmu, pengetahuan, wawasan, pengalamannya kepada orang lain, khususnya anggota timnya. Kedelapan, help atau menolong. Seorang pemimpin yang bahagia harus melihat setiap opportunity sebagai kesempatan bagi dirinya untuk menolong orang lain, meringankan beban orang lain, dan memberikan solusi bagi orang lain. Kesembilan, quiet atau tenang. Seorang pemimpin yang bahagia harus menyediakan waktu yang tenang bagi dirinya agar bisa merenung, mencerna setiap fenomena yang dia hadapi. Dan yang terakhir, kesepuluh, laugh atau tertawa. Seorang pemimpin yang bahagia harus memiliki selera humor yang tinggi.

 

QnA di atas disarikan dari talkshow Smart Happiness “10 Secrets of Happy Leaders” di Radio SmartFM bersama Arvan Pradiansyah, Motivator Nasional—Leadership & Happiness. Jika Anda memiliki pertanyaan yang belum terjawab, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *