Tips 4 Cara Bahagia Dalam Lingkungan Negatif.

Tips 4 Cara Bahagia Dalam Lingkungan Negatif.
Tips 4 Cara Bahagia Dalam Lingkungan Negatif.

Sebelum menyalahkan orang lain, ternyata setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih respons terhadap stimulus yang datang kepada dirinya. Memang sebenarnya Anda sendirilah yang bisa mengendalikan emosi diri dan otak Anda ikut terlibat sebagai salah satu pemicunya.

Ya, otak merupakan organ tubuh yang sangat peka terhadap semua hal, dari yang berbau negatif sampai positif. Sinyal yang ditangkap otak akan diteruskan ke sel-sel saraf dalam tubuh untuk memberikan respons tertentu. Entah itu marah, kecewa, sedih, hingga bahagia. Karena itu, sebenarnya kunci agar hidup

Berikut 4 Cara Bahagia Dalam Lingkungan Negatif:

  1. Cari tahu pemicu emosi negative

Jika ada asap pasti ada api, semua hal yang terjadi pasti ada penyebabnya. Termasuk mengapa Anda merasa dikelilingi oleh hawa negatif dari orang-orang sekitar. Sebagai langkah awal, kenali akar masalah dari rasa tidak nyaman tersebut. Berusaha mencari tahu hal tersebut satu per satu, perlahan tapi pasti akan membantu Anda untuk menyadari faktor apa saja yang menciptakan aura negatif di sekitar Anda.

  1. Fokus pada hal yang bisa dikendalikan

Ada banyak hal yang tak bisa Anda kendalikan di dunia ini, misalnya kondisi jalanan ketika Anda berangkat ke sekolah, kampus, atau kantor. Berusaha mengendalikan hal-hal di luar kuasa Anda akan bikin Anda susah bahagia. Maka itu, kuncinya adalah fokus pada hal-hal yang bisa Anda kendalikan. Misalnya jalanan macet parah, yang bisa Anda kendalikan adalah reaksi Anda sendiri. Sadari bahwa kemacetan itu di luar kendali Anda. Yang bisa Anda lakukan yaitu fokus mencari jalan alternatif atau jalan pintas.

  1. Bangkitkan sugesti positif

Ketika Anda memikirkan hal yang negatif terus-terusan, bisa saja malah hal tersebut benar-benar terjadi. Ini karena pikiran Anda sendiri sangat memengaruhi tindakan Anda. Dalam sisi psikologis, kondisi ini dikenal sebagai “perception is projection”. Atau mudahnya, apa yang ada dalam persepsi Anda bisa dengan mudah terwujud dalam kehidupan nyata. Jadi sebisa mungkin jauhi pikiran buruk dan ciptakan pikiran yang baik meski sedang terjebak dalam lingkungan yang tidak mengenakkan.

  1. Pupuk diri dengan emosi baik

Kebahagiaan sulit dicapai begitu saja tanpa diiringi dengan usaha yang maksimal. Daripada terus memasang wajah cemberut yang malah akan bikin bad mood, lebih baik tenangkan diri dengan melakukan aktivitas lain yang bisa bikin senang. Coba rasakan perubahan emosi dalam diri Anda. Sudahkah Anda merasa lebih baik daripada sebelumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.