What Do Great Leaders Always Say? Part 2

“Seorang leader harus tahu kalimat-kalimat penting yang perlu diucapkan, sehingga bisa menciptakan suasana kerja yang penuh semangat,  penuh kebahagiaan, dan penuh makna.” Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Motivator kebahagiaan dan Managing Director ILM di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “What Do Great Leaders Always Say? Part. 2” pada tanggal 9 Mei 2014 di Smart FM Network.

Penulis buku best seller The 7 Laws of Happiness  yang juga akan menyelenggarakan Public Workshop “Coaching with Happiness” pada tanggal 14 Mei 2014 ini mengungkapkan  “Ada 11 kalimat yang penting untuk diucapkan oleh seorang leader.

Dalam edisi sebelumnya sudah dijelaskan 5 kalimat,  ini adalah 6 kalimat berikutnya:

Kalimat Keenam yaitu “What do you need?” Pertanyaan ini akan membuat bawahan merasa bahwa  leadernya adalah orang yang peduli. Pertanyaan itu terkait dengan kebutuhan bawahan  untuk mencapai tujuan mereka, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan tim.

Kalimat Ketujuh yaitu “Tell me more”. Kalimat ini merupakan lanjutan dari kalimat ke-6. Kalimat ini lebih berujuan  untuk menggali informasi dari bawahan jika dirasakan penting bagi perusahaan, tapi anak buah merasa sungkan untuk mengatakannya. Kalimat ini bisa menangkan bawahan untuk mengatakan yang sebenarnya.

Kalimat Kedelapan yang penting dimiliki oleh seorang great leader adalah “Remember Our Values”. Values itu adalah “apa yang penting”. Seorang leader harus dapat menentukan apa yang paling penting dalam organisasi.

Kalimat Kesembilan yaitu “We Can Do Batter”. Apa yang kita anggap maksimal saat ini, tidak akan lagi menjadi maksimal untuk masa yang akan datang. untuk itu kita harus terus meningkatkan kemampuan kita karena selalu ada ruang untuk meningkatkan. Tidak ada manusia yang sempurna, namun manusia dapat mendekati kesempurnaan.

Kalimat Kesepuluh yaitu “Lets celebrate!” Rayakanlah apapun,  tidak harus pencapaian yang besar, tetapi juga pencapian yang kecil juga perlu diapresiasi. Jangan menunggu pencapaian yang besar hingga mengabaikan yang kecil, karena yang besar berawal dari yang kecil.

Terakhir, kalimat Kesebelas yang penting dimiliki oleh seorang Great Leader yaitu “Thank You”. Kalimat sederhana ini merupakan budaya untuk bersykur, dan menunjukkan sebuah penghargaan terhadap effort, kerja keras. Usaha anak buah sekecil apapun harus dihargai.”

Di akhir talkshow, Bpk. Arvan Pradiansyah menambahkan “Great Leader adalah orang yang bisa memastikan bahwa apa yang dilakukan bawahannya telah maksimal.”

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *