Lucky

Banyak orang yang belum memahami mengenai apa itu keberuntungan. Padahal pemahaman mengenai keberuntungan itu sangat penting dan menentukan kebahagiaan kita.

Dalam talkshow Smart Happiness, Jum’at 5 September 2014, Happiness Inspirer Arvan Pradiansyah mengungkapkan sebuah pandangan yang menarik mengenai keberuntungan.

Menurut Arvan, ada 3 paradigma orang dalam memahami keberuntungan yang bisa juga disebut sebagai evolusi pemikiran sebagai berikut:

1. Menganggap semua hal yang terjadi di dunia ini adalah keberuntungan.

Orang yang menganut paradigma ini tidak akan mau berusaha dan hanya akan menunggu keberuntungan datang. Akibatnya ia menjadi orang yang malas dan tidak akan mencapai kesuksesan.

2. Tidak percaya akan adanya keberuntungan.

Orang yang menganut paradigma ini percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini terjadi karena hukum sebab akibat. Kita akan sukses kalau kita mengupayakan kesuksesan dengan sekuat tenaga.

3. Menganggap semua hal yang terjadi di dunia ini adalah keberuntungan.

Ini sepertinya kembali ke paradigma pertama, tetapi orang yang memahami paradigma ketiga ini menafsirkannya dengan cara yang berbeda. Semua hal di dunia ini sesungguhnya memang adalah sebuah keberuntungan karena tidak ada hal di dunia ini yang akan terjadi tanpa izin Tuhan.

Betul, bahwa sebagai manusia kita harus mengupayakan yang terbaik. Betul, bahwa sebagai manusia kita harus bekerja keras dengan sekuat tenaga. Betul, bahwa di dunia ini berlaku hubungan sebab akibat. Namun sekeras apapun usaha kita, ia tidak otomatis membuahkan hasil bila Tuhan tidak mengizinkan. Jadi, agar perbuatan kita membuahkan hasil izin Tuhan sesungguhnya adalah hal yang sangat penting.

Pemahaman seperti ini akan menghindarkan kita dari sikap sombong dan takabur. Betul, bahwa manusia itu harus berusaha, tetapi apakah usaha itu ajan membuahkan hasil semuanya akan sangat bergantung kepada izin dan kehendak dari Tuhan.

Dengan memahami hal tersebut maka kita akan sampai pada sebuah kesimpulan bahwa apapun yang terjadi di dunia ini semuanya adalah keberuntungan. Kita adalah manusia yang beruntung. Inilah yang akan membuat kita bahagia.

Apakah Anda orang yang berhasil, atau orang yang beruntung?

Orang yang berhasil adalah orang yang sukses, tetapi orang yang beruntung adalah orang yang bahagia.

SmartFM Smart Happiness - 5 Sep 2014

One comment

  1. Orang yang berhasil adalah orang yang sukses, tetapi orang yang beruntung adalah orang yang bahagia.
    Jika ingin Bahagia, Berbahagialah sekarang !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *