Cinta Indonesia

Cinta memiliki sebuah getaran. Ketika sebuah nama yang kita cintai disebut, maka akan bergetarlah hati kita. Termasuk cinta kepada negeri kita, Indonesia.

Berbicara tentang cinta Indonesia, tidak bisa dilepaskan dari nasionalisme. Nasionalisme sendiri memiliki dua cabang, yakni patriotisme (semangat untuk membela tanah air) dan chauvinisme (pandangan bahwa negaranya lebih unggul dibandingkan negara lain).

Berbeda dengan konsep nasionalisme di negeri Barat yang berkonotasi negatif, Nasionalisme adalah sebuah perasaan senasib-sepenanggungan serta cita-cita bersama untuk menyejahterakan Indonesia.

Ada empat ciri orang yang benar-benar cinta terhadap Indonesia:

  1. Orang yang mencintai Indonesia senantiasa berterima kasih kepada Tuan atas negeri yang indah dan permai seperti Indonesia. Rasa syukur terhadap karunia Tuhan ini misalnya tergambar dalam lagu nasional “Rayuan Pulau Kelapa”.
  2. Orang yang mencintai Indonesia pasti memiliki kebanggaan sebagai warga negara Indonesia. Kebanggaan akan menciptakan harga diri; dan harga diri akan memunculkan kepercayaan diri. Jika kita masih merasa inferior saat berhadapan dengan bangsa atau produk asing, itu pertanda bahwa kebanggan kita atas Indonesia perlu dipupuk.
  3. Orang yang mencintai Indonesia tidak akan tinggal diam. Dia akan selalu mengambil bagian untuk memajukan bangsa dan negara ini dengan segenap potensi yang dititipkan Tuhan kepadanya. Semua ini diawali dengan kepeduliannya terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini. Kepedulian akan melahirkan sikap mendahulukan kepetingan orang banyak di atas kepentingan diri sendiri.
  4. Rasa rindu. Orang yang mencintai Indonesia tentu akan selalu merasa rindu dengan negeri ini. Rasa rindu ini biasanya akan muncul saat seseorang berada jauh di luar negeri ini. Kerinduan akan Indonesia misalnya tercermin dalam lagu nasional “Tanah Airku Indonesia.”

Segala sesuatu tentu memiliki sisi terang dan sisi gelap, termasuk negeri ini. Orang yang mencintai akan selalu berfokus pada sisi terang. Orang yang mencintai Indonesia akan selalu berada di sisi terang negeri ini, dan mengobarkan nyala api semangatnya untuk menerangi sisi yang gelap tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *