Peace Is The Way

“This is the way of peace: Overcome evil with good, falsehood with truth, and hatred with love.” ~Peace Pilgrim

Mahatma Gandhi pernah mengatakan bahwa tak ada jalan menuju kedamaian, sebab kedamaian adalah jalan itu sendiri. Ada 4 tipe manusia dalam kaitan dengan kedamaian:

  1. Soul at peace, mereka adalah orang-orang yang damai dalam kedamaian.
  2. Peace maker, mereka adalah orang-orang yang damai dalam kebisingan.
  3. Peace destroyer, mereka adalah orang-orang yang bising dalam kedamaian.
  4. Looser, mereka adalah orang-orang yang bising dalam kebisingan.

Agar bisa bahagia, kita harus menjadi manusia tipe pertama atau kedua. Kita tidak perlu menunggu situasi damai untuk merasakan kedamaian, tetapi kita harus memulai kedamaian dari dalam diri kita sendiri.

Ada 3 level kedamaian:

  1. Damai dalam pikiran
  2. Damai dalam perasaan
  3. Damai dalam perbuatan

Kita harus menjalani setiap level, yakni memulai kedamaian dari dalam pikiran kita. Jauhkan pikiran kita dari asupan makanan-makanan pikiran yang negatif. Penuhi pikiran kita dengan asupan makanan-makanan yang positif.

Setelah damai tercipta dalam pikiran kita, barulah kita merasakan kedamaian. Pada akhirnya, perbuatan kita pun akan melahirkan kedamaian bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Deepak Chopra memberikan tips untuk menciptakan kedamaian dalam pikiran kita dengan 4 kata: peace, harmony, laughter, dan love. Ulangi terus-menerus ke-4 kata tersebut dalam pikiran Anda, maka akan terbangun kedamaian dalam pikiran Anda.

Dalai Lama mengingatkan kita bahwa ada satu perusak utama kedamaian, yakni marah. Oleh karena itu, kita harus menjaga diri kita dari marah. Menjaga diri dari marah bukan berarti tidak boleh marah, tetapi sadar bahwa kita sedang marah, dan memegang kontrol atas diri kita ketika marah. Jangan biarkan marah yang mengontrol diri kita.

Untuk meraih kedamaian, kita harus melepas masa lalu kita yang negatif dengan cara memaafkan. Memaafkan orang lain bukan karena mereka pantas untuk dimaafkan, tetapi Anda pantas untuk merasakan kedamaian.

Ada 3 tips untuk meraih kedamaian yang disingkat dengan SBS:

  1. Slow down, turunkan tempo Anda. Jangan terburu-buru dalam melakukan setiap hal.
  2. Breath, bernafaslah dengan sadar. Nikmati dan hayati setiap tarikan dan embusan Anda.
  3. Smile, tersenyumlah sebab tersenyum adalah awal dari kedamaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *