Why Trust Matters?

“Salah satu unsur kebahagiaan dalam hidup ini adalah Trust (Percaya). Karena, bagaimana bisa kita bahagia apabila setiap hari kita selalu diliputi oleh rasa tidak percaya, curiga dan gelisah yang akan membuat hidup kita was-was dan tidak tenang. Trust itu adalah sesuatu yang bisa kita ciptakan, untuk itu kita harus senantiasa menciptakan rasa kepercayaan dalam diri kita maupun orang lain. Karena apabila kita bisa menjadi manusia yang layak dipercaya, maka segala sesuatu akan berlangsung dengan cepat dan tidak ada yang lebih cepat didunia ini selain Trust. Dan yang akan berhasil adalah yang lebih cepat, bukan yang lebih besar. Dengan trust semua prosedur akan menjadi cepat.“

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirer Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Why Trust Matters?” pada tanggal 14 Maret 2014 di Smart FM Network.

Motivator kebahagiaan dan Managing Director ILM ini mengungkapkan “Rumus trust = character  x competence. Dan karakter itu sendiri terdiri dari dua unsur yaitu Integrity + Intent. Sedangkan kompetensi itu juga terdiri dari dua unsur yaitu Capability + Result. Jadi apabila rumus trust di gabungkan maka akan menjadi Trust = Character (Integrity + Intent) x Competence (Capability + Result). Unsur trust yang Pertama dari karakter adalah Integritas. Integritas adalah kita melakukan sesuatu yang benar walaupun tak ada satu orang pun yang melihat dan dengan integritas, kita menciptakan sistem di dalam tubuh untuk melakukan pengawasan terhadap diri kita. Unsur trust yang Kedua adalah Niat. Niat dalam hal ini adalah ketulusan. Jangan ada agenda tersembunyi dalam setiap perbuatan, apalagi jika agenda tersembunyi itu akan merugikan orang lain. Unsur trust yang Ketiga adalah Capability. Capability itu adalah gabungan dari bakat, skill, pengetahuan dan gaya Anda. Unsur trust yang Keempat adalah Hasil. kita akan percaya pada seseorang yaitu dengan hasil dari apa yang dia lakukan karena Orang tidak akan mudah percaya dengan kemampuan atau kejujuran seseorang sebelum ada buktinya.”

Di akhir talkshow, Penulis buku best seller You Are A Leader  yang juga akan menyelenggarakan Public Workshop “You Are A Leader” pada tanggal 19 Maret 2014 ini menambahkan “Dalam trust, yang paling diutamakan adalah karakter. Namun karakter yg tanpa kompetensi akan mengurangi trus orang lain kepada kita. Untuk meningkatkan integritas adalah dengan cara membuat komitmen terhadap diri sendiri dan apabila Anda memenuhinya maka Anda telah memiliki integritas. Kemudian untuk meningkatkan Niat adalah dengan melihat sesuatu yang kita lakukan apakah memiliki keuntungan bagi orang lain dan nyatakanlah niat kita bahwa ketika kita melakukan sesuatu pasti ada kepentingannya. Lalu untuk meningkatkan Capability adalah dengan cara membuat diri Anda menjadi relevan, dengan selalu meningkatkan kualitas diri Anda. Sedangkan untuk meningkatkan Hasil yaitu dengan menunjukkannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *