Tuhan

Tuhan adalah sumber dari kebahagiaan atau the ultimate of happiness. Dalam hal ini ada lima poin yang berkaitan dengan Tuhan, yaitu:

  1. Tuhan adalah apa yang paling penting. Yang paling penting bagi kita bukan pekerjaan, bukan jabatan, bukan keluarga, melainkan Tuhan kita. Jika kita mementingkan sesuatu dalam hidup kita selain Tuhan, berarti kita sudah menduakan Tuhan.
  1. Beriman bukan percaya Tuhan itu ada, tetapi percaya Tuhan itu hadir. Jika kita percaya kepada Tuhan maka kita akan merasakan kehadiran Tuhan. Seperti halnya kita percaya kepada polisi, tetapi ketika polisi itu ada/hadir maka kita akan mematuhi peraturan.
  1. Tuhan itu hanya bisa didekati dengan ketenangan, keheningan dan melepaskan semua ketergantungan. Seperti halnya ketika kita sedang beribadah, jika kita tidak khusyu maka ibadah kita hanya formalitas belaka dan kita tidak bisa merasakan Tuhan itu ada di dekat kita.
  1. Besar-kecil Tuhan berbeda bagi setiap orang. Besar-kecilnya Tuhan tergantung dari keyakinan kita dan tingkat kekhawatiran kita. Semakin kita yakin, percaya dan tidak khawatir dengan Tuhan, maka makin besar juga Tuhan kita. Sebaliknya ketika kita ragu-ragu, gelisah, dan masih khawatir dengan Tuhan maka makin kecil juga Tuhan kita.
  1. Pencapaian yang tertinggi yang bisa kita dapatkan bukanlah surga atau pahala, tetapi ridho Tuhan. Banyak orang yang beribadah hanya mencari surga atau pahala, namun sesungguhnya ada yang lebih tinggi daripada itu, yaitu Ridho Tuhan.

Semakin rendah tingkat intelektual dan spiritual seseorang, maka dia akan  melihat Tuhan itu ada wujudnya. Sebaliknya semakin tinggi tingkat intelektual dan spiritual seseorang, maka Tuhan itu sesuatu abstrak yang tidak berwujud, yang tidak bisa dilukiskan keindahannya dengan kata-kata.

Keindahan yang paling hakiki ketika kita di Surga adalah ketika kita bisa melihat Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *