Resep Bahagia Edward de Bono

“Edward De Bono adalah seorang pakar berpikir yang berasal dari Malta, Eropa Selatan. Ia tidak dikenal sebagai pakar happpiness, melainkan pakar berpikir. Salah satu hasil pemikiran Edward De Bono adalah tentang teori H+, yang menggambarkan tentang rumus kesuksesan. Dalam teori ini digambarkan bahwa manusia (Human)  mencari esensi penting dalam hidupnya, yaitu kebahagiaan (Happiness). Semuanya diawali dengan huruf H.”

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirer Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Resep Bahagia Edward de Bono” pada tanggal 15 November 2013 di Smart FM Network.

Penulis buku I Love Monday dan Managing Director Institute for Leadership and Life Management (ILM) ini menambahkan, “Ada 4 H agar manusia bisa mendapatkan kebahagiaan:

Pertama, Humor. Kalau kita mau bahagia harus punya sense of humor. Humor adalah bagaimana kita melihat sesuatu secara berbeda. Humor yang membahagiakan adalah menciptakan situasi tertawa, bukan menertawakan. Kemampuan menciptakan humor sangat kreatif dan membutuhkan tingkat intelektual tersendiri.

Kedua, Help (menolong). Kalau kita mau bahagia kita harus selalu berpikir untuk menolong orang lain. Tantangan kita adalah menemukan apa yang kita bisa bantu untuk orang lain. Membantu akan membuat kita bahagia karena merasa diri kita berguna. Sedangkan dibantu akan membuat kita senang.

Ketiga, Hope (harapan). Harapan akan membuat kita bertahan dalam hidup ini.  Hidup ini penuh dengan ketidakpastian, untuk itu kita harus selalu mempunyai harapan. Jangan sampai kita kehilangan harapan dan putus asa. Dan jadikan tujuan harapan kita kepada Tuhan, karena Dia-lah yang Maha Pasti.

Keempat, Health (kesehatan). Sehat merupakan bahan bakar bagi tubuh. Seperti bensin dalam kendaraan, maka kendaraan tidak bisa jalan kalau tidak ada bensin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *