Apakah Anda Manusia Kontradiktif?

“Orang yang kontradiktif adalah orang yang bertolak belakang antara keinginannya dengan yang dilakukannya. Dia menginginkan satu hal, tapi melakukan hal yang menjauhkannya dari keinginannya tersebut.”

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirer Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Apakah Anda Manusia Kontradiktif?” pada tanggal 25 Oktober 2013 di Smart FM Network.

Motivator Kebahagiaan dan pengisi talkshow “Happiness with Arvan Pradiansyah” di Sindo TV yang disiarkan LIVE setiap Kamis malam pukul 20.00-21.00 WIB ini mengungkapkan, “Orang yang kontradiktif menunjukkan ada yang tidak balance pada dirinya, dia mengalami split personality.  Dalam diri manusia ada yang namanya Present Self dan  Future Self. Present Self adalah diri kita pada saat ini (sekarang). Sedangkan Future Self adalah diri kita di masa mendatang (bayangan tentang diri kita di masa mendatang). Dalam Future Self, semua orang pasti menginginkan kebaikan, tapi sayangnya yang mengambil keputusan sehari-hari terhadap perbuatan kita adalah Present Self. Future Self sifatnya abstrak, sedangkan Present Self sifatnya sering tidak tahan godaan. Contoh: dalam Future Self ingin hidup sehat, tapi dalam Present Self tidak olahraga teratur, tidak mengatur pola makan, dan tidak istirahat dengan cukup..”

Di akhir talkshow, Penulis buku Life is Beautiful New Edition ini pun menambahkan, “Agar tidak menjadi orang yang kontradiktif, kita harus mengelola Present Self, punya komitmen, melakukan kreasi mental, dan men-decleare keinginan kita kepada orang lain (ada ada yang memonitor). Hindari pula melakukan pembenaran, rasionalisasi atau justifikasi terhadap apa yang kita lakukan (yang kontradiktif).”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *