Egonomics

EGONOMICS adalah ilmu yg mempelajari tentang EGO,  yaitu studi yang mempelajari ego seseorang. Ego bisa membantu kita dalam bisnis jika kita bisa mengelolanya dengan benar.  Banyak orag yang beranggapan ego itu buruk dan harus dihilangkan, tetapi sesungguhnya Ego bisa bermanfaat jika kita bisa mengelola dengan baik.”

Demikian yang diungkapkan oleh Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirer Indonesia di awal talkshow Smart Happiness yang berjudul “Egonomics” pada tanggal 11 Oktober 2013 di Smart FM Network.

Motivator Kebahagiaan dan pengisi talkshow “Happiness with Arvan Pradiansyah” di Sindo TV yang disiarkan LIVE setiap Kamis malam pukul 20.00-21.00 WIB ini mengungkapkan, “Ada 4 tanda bahwa ego sudah menjadi bahaya, yaitu Pertama, Ketika kita being comparative, selalu membandingkan diri dengan orang lain. Kedua,Ketika kita being defensive, menganggap orang yang menolak dan menyerang ide kita, sedang menyerang diri/personalnya. Ketiga, Showcasing brilliant, ingin menunjukkan kepintarannya/isi kepalanya, tapi tujuannya lebih untuk menunjukkan kehebatannya. Keempat, Seeking acceptance, sering meminta persetujuan orang tentang yang akan dia lakukan.”

Di akhir talkshow, Penulis buku Life is Beautiful New Edition ini pun menambahkan, “Ego harus dikembangkan agar tumbuh menjadi aset yakni self confidence. Dengan demikian kita bisa menjadi orang yang mengaktualisasikan diri pada berbagai peran dan kehiudpan, dan menjadi orang yang bermanfaat. Self awareness sangat diperlukan agar tidak ada gap antara ego dengan kenyataan. Kita harus memperluas diri kita, dan rajin bertanya kepada orang lain tentang persepsi mereka kepada kita. Dengan demikian kita akan tahu menempatkan diri.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *